Sabtu, 25 Januari 2014

Apa itu java ??


Apa itu java ???
Java juga merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek / Object Oriented Programming (oop) yang dapat dijalakan pada berbagai platform sistem operasi dan bersifat open source.

  OOP (Object Oriented Programming - Pemrogram Berorientasi Objek) yang artinya semua aspek yang terdapat di Java adalah Objek. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis objek secara murni. Semua tipe data diturunkan dari kelas dasar yang disebut Object. Hal ini sangat memudahkan pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan sebuah program dengan basis Java secara cepat, tepat, mudah dan terorganisir. Kelebihan ini menjadikan Java sebagai salah satu bahasa pemograman termudah, bahkan untuk fungsi fungsi yang advance seperti komunikasi antara komputer sekalipun.

Kelebihan Java :    -  Berorientasi objek , Memudahkan untuk mendesign dan mengembangkan program dengan cepat dan teliti , sehinnga mudah digunakan . Salah satu bahasa pemrograman yang berorientasi objek secara murni .

   - Multiplatform, Dapat digunakan dibanyak sistem operasi .

   - Perkembangan yang luas, Dari game sampai sistem operasi handphone menggunakan program java . Misalnya Handphone Sonny Ericsson, Blackberry , Android , IOS , Windows phone ) .


Kekurangan Java :     - Proses Compile, Mengharuskan pengguna mengcompile programnya sebelum dijalankan, berbeda dengan bahasa pemrograman python yang tidak perlu mengcompile terlebih dahulu .

   -  Penggunaan Memori yang besar , Berbeda dengan bahasa pemrograman lain yang hanya membutuhkan memori sedikit

Teknologi Java menyediakan banyak tools seperti compiler, interpreter dan sebagainya.

    Compiler adalah suatu program yang melakukan proses translasi dari pemrograman bahasa tingkat tinggi ke dalam bahasa mesin di komputer. Selain translasi fungsi penting lainnya yaitu sebagai diagnostik, contohnya untuk pendeteksian error pada program agar programmer segera dapat memperbaikinya.

    Sedangkan Interpreter adalah :program yang mensimulasikan mesin virtual menggunakan bahasa pemrograman sebagai bahasa mesinnya. Interpreter ini membaca statement, menganalisanya dan menjalankan nya dengan intruksi yang sesuai di dalam mesin virtual.

Aplikasi Java umumnya merupakan aplikasi serba guna yang dapat di jalankan pada seluruh mesin yang memiliki Java Runtime Environment (JRE).

JRE terdapat pada paket J2SDK, mengandung kelas-kelas untuk semua paket teknologi Java yang meliputi kelas dasar dari Java, Komponen GUI (Graphical User Interface) dan sebagainya.

Contoh Program :

sebelum membuat class maka buatlah sebuah java project dengan cara  klik File --> New --> Java Project , maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini :


setelah membuat java project maka kita akan membuat kelas, seperti  gambar dibawah ini dengan cara klik File --> New --> Class maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini :

 Kode Program :

public class HelloWorld
{
    public static void main(String[] args)
    {
        System.out.println("Apa Kabar Dunia?");
    }
}
 
Screenshot Code :


Kemudian Run Program as Java Application dengan cara klik tombol icon "play" warna hijau diatas maka akan muncul tampilan seperti  dibawah ini :


Setelah klik "OK" maka akan muncul output seperti gambar dibawah ini :






Sumber : JENI (Java Education Network Indonesia)

Tidak ada komentar: