Kamis, 30 Januari 2014

Komponen Swing

Seperti pada package AWT, package dari Swing menyediakan banyak class untuk membuat aplikasi GUI. Package tersebut dapat ditemukan di javax.swing. Perbedaan utama antara keduanya adalah komponen Swing ditulis menyeluruh menggunakan Java. Kesimpulannya, program GUI ditulis menggunakan banyak class dari package Swing yang mempunyai tampilan look and feel yang sama meski dijalankan pada paltform yang berbeda. Lebih dari itu, Swing menyediakan komponen yang lebih menarik seperti color chooser dan option pane.
Nama dari komponen GUI milik Swing hampir sama persis dengan komponen GUI milik AWT. Perbedaan jelas terdapat pada penamaan komponen. Pada dasarnya, nama komponen Swing sama dengan nama komponen AWT tetapi dengan tambahan huruf J pada prefixnya. Sebagai contoh, satu komponen dalam AWT adalah button class. Sedangkan pada Swing, nama komponen tersebut menjadi Jbutton class. Berikut adalah daftar dari komponen Swing.

Setting Up Top-Level Containers
Seperti disebutkan diatas, top-level containers seperti Jframe dan Japplet dalam Swing sangat tidak cocok dengan AWT. Ini adalah syarat menambahkan komponen ke dalam kontainer. Jika Anda ingin menambahkan langsung sebuah komponen kedalam kontainer sebagai kontainer AWT, pertama-tama Anda telah mendapatkan content pane dari kontainer. Untuk melakukan hal tersebut, Anda akan menggunakan method getContentPane dari container.



sebelum membuat class maka buatlah sebuah java project dengan cara klik File --> New --> Java Project , maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini :


setelah membuat java project maka kita akan membuat kelas, seperti gambar dibawah ini dengan cara klik File --> New --> Class maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini :


Contoh Jframe
Kode Program :

import javax.swing.*;
import java.awt.*;
class SwingDemo {
JFrame frame;
JPanel panel;
JTextField textField;
JButton button;
Container contentPane;
void launchFrame() {
/* inisialisasi */
frame = new JFrame("My First Swing Application");
panel = new JPanel();
textField = new JTextField("Default text");
button = new JButton("Click me!");
contentPane = frame.getContentPane();
/* menambahkan komponen-komponen ke panel– menggunakan
FlowLayout sebagai default */
panel.add(textField);
panel.add(button);
/* menambahkan komponen-komponen contentPane– menggunakan
BorderLayout */
contentPane.add(panel, BorderLayout.CENTER);
frame.pack();
//menyebabkan ukuran frame menjadi dasar pengaturan komponen
frame.setVisible(true);
}
public static void main(String args[]) {
SwingDemo sd = new SwingDemo();
sd.launchFrame();
}
}
  ScreenShot :





Output:





Sumber : JENI (Java Education Network Indonesia)

Tidak ada komentar: