Jumat, 31 Januari 2014

Mengenal array dalam java

Sebagai contoh, kita memiliki tiga variabel dengan tipe data int yang memiliki identifier yang berbeda untuk tiap variabel.

int number1;
int number2;
int number3;
number1 = 1;
number2 = 2;
number3 = 3;

Seperti yang dapat Anda perhatikan pada contoh diatas, hanya untuk menginisialisasi dan menggunakan variabel terutama pada saat variabel-variabel tersebut memiliki tujuan yang sama, dirasa sangat membingungkan. Di Java maupun di bahasa pemrograman yang lain, mereka memiliki kemampuan untuk menggunakan satu variabel yang dapat menyimpan sebuah data list dan kemudian memanipulasinya dengan lebih efektif. Tipe variabel inilah yang disebut sebagai array.

contoh :




sebelum membuat class maka buatlah sebuah java project dengan cara klik File --> New --> Java Project , maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini :


setelah membuat java project maka kita akan membuat kelas, seperti gambar dibawah ini dengan cara klik File --> New --> Class maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini :


kode program :


public class ArraySample {

public static void main( String[] args ){

              int[] ages = new int[100];

                 for( int i=0; i<100; i++ ){

                   System.out.print( ages[i] );

             }

       }

}



Screenshot Code:


Kemudian Run Program As Java Application dengan cara klik Tombol icon "play" warna hijau diatas maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini :


Setelah Klik "OK" maka akan muncul output nya seperti gambar dibawah ini :






Sumber : JENI ( Java Education Network Indonesia

Tidak ada komentar: