Rabu, 01 Oktober 2014

5 buah protokol beserta bagaimana implementasi dari protokol tersebut

1) HTTP ( Hypertext Transfer Protocol )
Protokol yang berfungsi untuk mendefinisikan dan menjelaskan bagaimana server dan client berinteraksi dalam mengirim dan menerima dokumen web



2) RSVP (Resource Reservation Protocol)
Protokol yang digunakan untuk mereserve  bandwidth sehingga data dapat tiba ditujuan dengan cepat dan tepat.
Cara Kerja RSVP :
QoS diimplementasikan oleh suatu mekanisme kolektif yang disebut pengendalian trafik (traffic control). Mekanisme ini terdiri dari beberapa bagian yaitu :
-> Admission Control
Berfungsi untuk menentukan apakah router mempunyai QoS seperti yang diminta oleh video conference.
-> Paket Classifier
Menentukan kelas-kelas paket data. Penentu ini dapat juga digunakan untuk menentukan jalur mana yang akan digunakan sesuai dengan kelas yang telah dipilih
-> Paket Scheduler
Berfungsi untuk menset tiap antar muka (interface) pada route untuk memenuhi QoS yang diminta.
-> Policy Control
Berfungsi untuk menentukan apakah user yang menggunakan video conference mempunyai kemampuan untuk melakukan pemesanan.

Untuk membuat pemesanan resource pada sebuah node, RSVP daemon berkomunikasi dengan dua local decision module, admission control dan policy control. Admission control menentukan apakah router memiliki resource yang dibutuhkan untuk diberikan sesuai dengan permintaan QoS yang diinginkan. Policy control menentukan apakah user memiliki hak administratif untuk melakukan permintaan QoS. Jika keduanya gagal maka RSVP akan mengirimkan pesan error kepada si pengirim. Jika keduanya berhasil maka RSVP daemon akan mengeset parameter pada packet classifier dan packet scheduler untuk mendapatkan QoS yang diinginkan, packet classifier menentukan class Qo untuk setiap paket dan packet scheduler untuk melakukan transmisi paket untuk mendapatkan QoS yang dijanjikan untuk setiap panggilan.


3) RTSP (Real-Time Streaming Protocol)
Protokol yang digunakan oleh program streaming multimedia untuk mengatur pengiriman data secara real-time dan juga memungkinkan client untuk mengkontrol jarak jauh streaming media server , penerbitan VCR seperti perintah "Play" dan "Pause", dan berdasarkan waktu yang memungkinkan akses ke file di server.




4) RTP (Real Time Transport Protocol )
Protokol yang berfungsi sebagai suatu standar untuk mengirimkan data multimedia secara real-time dan juga menentukan standar untuk menyampaikan paket format audio dan video melalui internet.




5) RTCP (Real-Time Control Protocol )
Protokol QoS (Quality of Service) untuk menjamin kualitas streaming.



Tidak ada komentar: