Senin, 10 Februari 2014

Applet [JAVA]

Applet adalah satu fitur yang paling menarik dalam java. Applet merupakan program yang Anda jalankan melalui web browser. Pada pembelajaran ini Anda akan belajar tentang membuat sebuah applet.

Membentuk Applet
Sebuah applet adalah tipe yang spesial dari program java yang dieksekusi melalui internet. Secara khusus berjalan pada suatu web browser seperti Netscape Navigator, Mozilla, atau Microsoft Internet Explorer. Bagaimanapun juga, jika dibandingkan dengan aplikasi Java yang normal, tidak diperbolehkan mengakses applet pada komputer yang dijalankan untuk alasan keamanan. Applet ini cukup terbatas jika dibandingkan dengan aplikasi Java.

Hello World Applet
Class Applet adalah sebuah subclass dari class Panel yang didefinisikan dalam AWT. Cara terbaik untuk memahami bagaimana membuat applet adalah dengan contoh. Jadi, berikut ini adalah contoh applet sederhana yang menampilkan "Hello world!".


sebelum membuat class maka buatlah sebuah java project dengan cara klik File --> New --> Java Project , maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini : 

setelah membuat java project maka kita akan membuat kelas, seperti gambar dibawah ini dengan cara klik File --> New --> Class maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini :
percobaan :
Kode program :
import java.awt.*;import java.applet.*;
/* masukkan bagian ini dalam kode html
<applet code="AppletDemo" width=300 height=100>
</applet>
*/
public class AppletDemo extends Applet {
public void paint(Graphics g) {
g.drawString("Hello world!", 80, 25);
}
}


Screenshot :






Output :





Sumber : JENI (Java Education Network Indonesia)

Tidak ada komentar: