Minggu, 02 Februari 2014

Class-class Wrapper

Class-class Wrapper
Sesungguhnya, tipe data primitive seperti int, char and long bukanlah sebuah objek. Sehingga, variabel-variabel tipe data ini tidak dapat mengakses method-method dari class Object. Hanya objek-objek nyata, yang dideklarasikan menjadi referensi tipe data, dapat mengakses method-method dari class Object. Ada suatu keadaan, bagaimanapun, ketika Anda membutuhkan sebuah representasi objek untuk variabel-variabel tipe primitive dalam rangka menggunakan method-method Java built-in. Sebagai contoh, Anda boleh menambahkan variabel tipe primitif pada objek Collection. Disinilah class wrapper masuk. Class wrapper adalah representasi objek sederhana dari variabelvariabel non-objek yang sederhana. Demikian daftar dari class wrapper.



Nama-nama class wrapper cukup mudah untuk diingat selama nama-nama itu sama dengan tipe data primitive. Dan juga sebagai catatan, bahwa class-class wrapper diawali dengan huruf besar dan versi yang ditunjukkan dari tipe data primitive.

sebelum membuat class maka buatlah sebuah java project dengan cara klik File --> New --> Java Project , maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini :



setelah membuat java project maka kita akan membuat kelas, seperti gambar dibawah ini dengan cara klik File --> New --> Class maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini :


Di bawah ini contoh penggunaan class wrapper untuk boolean.

class BooleanWrapper {
public static void main(String args[]) {
boolean booleanVar = 1>2;
Boolean booleanObj = new Boolean("TRue");
/* primitif ke objek; dapat juga menggunakan method
valueOf */
Boolean booleanObj2 = new Boolean(booleanVar);
System.out.println("booleanVar = " + booleanVar);
System.out.println("booleanObj = " + booleanObj);
System.out.println("booleanObj2 = " + booleanObj2);
System.out.println("compare 2 wrapper objects: " +
booleanObj.equals(booleanObj2));
/* objek ke primitif */
booleanVar = booleanObj.booleanValue();
System.out.println("booleanVar = " + booleanVar);
}
}

Screenshot :

Output :





Sumber : JENI (Java Education Network Indonesia)

Tidak ada komentar: