Minggu, 09 Februari 2014

LINUX UBUNTU : CARA UPDATE REPOSITORY UBUNTU LEWAT TERMINAL





Repository secara harfiah/bahasa  berarti tempat penyimpanan, sedangkan secara ilmu ubuntu adalah tempat penyimpanan kumpulan-kumpulan software/aplikasi yang bisa didownload/diambil untuk digunakan.Atau devinisi yang lebih  mudah mengenai repository adalah sebuah arsip software  yang ada di internet dan kita bebas untuk men-download dan menggunakannya. Secara singkat adalah kumpulan software-software yang dibuat khusus untuk suatu distribusi. Nah di Indonesia terdapat  beberapa repo….diantaranya adalah milik Universitas Brawijaya  Malang,yaitu http://singo.ub.ac.id.

Nah ,sekarang apa sih manfaatnya meng-update reository  itu sendiri?Jadi kegiatan  update repository  di ubuntu  merupakan kegiatan yang seharusnya  dilakukan secara rutin dan berkala. Karena dengan mengupdate repository  juga berarti kita mengupdate kumpulan-kumpulan program yang ada di repo dan menerima perbaikan program ketika ada bug

Syarat pertama adalah antum harus jalanin OS Ubuntunya melauli VM  virtualBox. Tidak hanya itu, yang paling penting adalah PC/LAPTOP yang antum gunakan harus terkoneksi dengan internet. Untuk mempercepat  proses usahakan  koneksinya harus cepat dan tak lemot.

Tutorial cara update Repository Ubuntu  lewat terminal.

1. Buka terminal dengan mengetikkan terminal pada SEARCH atau tekan Ctrl + Alt + T
 
 Tampilan selanjutnya akan seperti dibawah ini :


2. Ketik sudo su , isi password anda, dan ketik sudo nano cd/etc/apt/sources.list.. Seperti yang tampak dibawah ini.










Kemudian akan tampak bebrapa Repository bawaan ubuntu sendiri dan Lalu buka website http://singo.ub.ac.id .Cari Repository Ubuntu 11.10  copy dan paste  ke dalam sources.list.



6.Lalu exit dengen menekan Ctrl+X. Kemudian save

Langkah selanjtnya yang perlu antum fahami adalah  Update Package.

Cara nya :
1.Tekan Ctrl + Alt + T   untuk masuk terminal.
2.Ketik sudo su dan isi password, Kemudian ketik sudo get-apt update kemudian tekan enter. Terminal akan melakukan update secara otomatis.Seperti yang tampak dibawah ini.


4.Tunggu hingga proses selesai
5.Nah Package pun sudah terupdate

Sumber : https://blog.ub.ac.id/galangcahya/2012/03/17/linux-ubuntu-cara-update-repository-ubuntu-lewat-terminal/

Tidak ada komentar: